201606.01
0
0

Ini Tips Sukses Berbisnis Makanan Melalui Media Online

Menjalankan bisnis kuliner tidak hanya terpaku pada rasa. Tentu di era digital ini foto makanan yang bagus menjadi salah satu nilai jual suatu produk.

Fonterra Foodservices merupakan produsen susu dan produk turunannya yang berasal dari Selandia Baru. Untuk mendukung pelaku usaha kecil menengah (UKM) Fonterra adakan forum kreatif bertema “Story on A Plate” yang diadakan di Kaffeine, Jakarta Selatan (31/05). Forum ini untuk membantu tingkatkan penjualan para konsumennya.

Dalam “Story on A Plate” ini, juga menghadirkan workshop food photography dan juga food styling. Sehingga UKM dapat memperoleh tips penting dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

Dua tahun belakangan ini, ada banyak sekali UKM yang mempromosikan produk melalui media sosial seperti website, facebook ataupun instagram semakin meningkat.

“Untuk meningkatkan penjualan, kita harus mengetahui 4 hal yaitu the age new consumer (bagaimana pergeseran pasar dari masa penjual ke masa konsumen), back to nature (bagaimana konsumen mengetahui sebuah produk alami dan bergizi), a quest for indulgence (tahu akan kebutuhan konsumen) dan first impression (ketertarikan konsumen pada pandangan pertama sebelum membeli),” tutur Anindita Ikasari, Channel Development Manager dari Fonterra Foodservices Indonesia.

Adinda Zuleika, pemilik bisnis Cake & Pastry D’Pattiserie juga mengaku bahwa bisnis yang ia jalankan ini besar dengan bantuan media sosial. “Rata-rata pelanggan yang pesan melihat dulu fotonya bagus di Instagram, lalu baru pesan. Walaupun begitu, rasa cake yang enak tetap yang membuat pelanggan kembali untuk beli lagi,” jelas wanita lulusan perhotelan ini.

Dalam acara ini Chef Yus Andriana dari Fonterra Foodservices Indonesia dan juga Adinda mendemokan cara membuat Banoffee Cake. Cake ini terbuat dari 3 layer yaitu dengan dasar vanilla sponge cake, ditambah dengan potongan pisang yang lembut dan toffee sauce yang manis.

Untuk menghasilkan foto terbaik, Fellexandro Ruby, Food Photographer Profesional dan Vania Samperuru, Food Stylist Profesional membagikan cara mengambil angle dan menata makanan untuk hasilkan foto yang cantik.

“Teknik apapun yang Anda pakai, foto makanan yang ada di dalamnya harus memiliki ‘cerita’ sehingga orang memiliki bayangan dan persepsi sendiri tentang makanan tersebut,” jelas Ruby.

Selain trik pengambilan angle foto, penataan makanan juga perlu dilakukan. “Siapkan waktu 5 hingga 10 menit untuk membuat konsep yang bagus dalam penataan makanan. Sehingga akan menghasilkan style yang lain dari biasanya,” tambah Vania.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *