201605.31
0
0

Mengapa Digital Marketing penting untuk bisnis Anda

Dalam Era Globalisasi saat in, diperlukan sebuah metode baru untuk mengembangkan bisnis Anda,  Apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, bisa dikatakan hampir semua pebisnis bisa memasarkan produk-produknya tanpa batasan ruang maupun waktu. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, pelaku bisnis juga dapat memperluas jangkauan pasar mereka. Jaman sekarang siapa yang tidak menggunakan internet ?

Sekarang ini penduduk indonesia lebih dari 100 Juta pengguna internet, ini merupakan segmentasi pasar yang menggiurkan bagi pembinis – pembinis Online dalam menjual jasa atau produk mereka . salah satu yang sendang booming saat ini adalah media social, media sosial masih menjadi idola bagi pengguna perorangan. Satu orang bisa memiliki banyak akun media sosial, terutama warga kota-kota besar. Facebook, Twitter, Path, dan Instagram telah menjadi jejaring sosial yang paling digemari di sini. Penggunaannya pun beragam, mulai dari sekadar terhubung dengan banyak orang atau teman, hingga berbisnis atau jadi media untuk memasarkan produknya secara gratis. Media sosial yang merupakan salah satu elemen dari digital marketing itu menjadi strategi untuk promosi, menaikkan penjualan, juga awareness dan branding. Akan tetapi bukan berarti pemasaran tradisional sudah tidak dapat digunakan lagi, karena setiap pelaku bisnis memiliki promosi yang berbeda sesuai karakter produk mereka. Bagi para pelaku bisnis, menggunakan media sosial atau dunia online untuk digital marketing adalah sebuah pilihan yang tepat. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapat melalui digital marketing:

#1 Hemat Biaya
Promosi untuk produk atau jasa melalui digital marketing sudah terbukti lebih murah dibandingkkan promosi konvensional menggunakan media cetak atau media penyiaran televisi. Biasanya promosi tersebut hanya bersifat komunikasi satu arah saja, sedangkan digital marketing ada banyak medium yang bisa digunakan, seperti; email, media sosial, dan iklan banner yang bersifat komunikasi dua arah.

#2. Cepat dan Mudah
Dengan digital marketing, kita dapat melihat jumlah pengunjung yang mengakses situs kita hingga grafik peningkatan jumlah pelanggan atau calon pelanggan. Digital marketing juga memungkinkan kita untuk menerapkan campaign atau iklan dengan cepat, jadi tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk approval dan melihat bagaimana perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari digital marketing adalah hasil analisa sementara iklan yang dapat diakses sekitar 24 jam sebelumnya, sehingga memungkinkan kita dalam melakukan penyesuaian atau adjustment iklan tersebut untuk hasil yang lebih baik.

#3. Membangun Hubungan yang Lebih Menarik
Dengan strategi digital marketing, kita dapat lebih berinteraksi secara dunia maya dengan customer yang langsung dengan cepat merespon permintaan customer dalam percakapan dan menjangkau pelanggan yang potensial. Karena begitu banyak potensi untuk mencapai hasil yang lebih besar dan segmen customer yang lebih tertarget.

#4. Mudah Menentukan Target Pasar
Suatu pasar terdiri dari begitu banyak konsumen dan konsumen tersebut begitu beragam dan berbeda-beda dalam banyak hal. Mereka mempunyai perbedaan dalam hal kebutuhan, daya beli, lokasi geografis, kebiasaan membeli dan karakteristik pembelian. Semua hal/variabel tersebut dapat digunakan untuk men-segmentasi pasar. Customer atau konsumen yang sesuai dengan segmentasi produk atau jasa kita tentu lebih potensial daripada yang tidak. Dengan strategi melalui digital marketing, kita dapat menentukan target pasar secara terukur dengan memilih website atau akun sosial media yang berhubungan dengan parameter kita.

#5. ROI (Return of Investment ) terukur
Dengan Digital Marketing Anda dapat mengukur seberapa efektifkan iklan yang anda telah buat dengan melihat pengunjung website anda dan anda dapat mengukur ROI (Return of Investment ) dari iklan yang Anda telah buat

Dalam hal ini , pengelolaan strategi digital marketing adalah sesuatu yang harus dipahami dalam bisnis Anda, pastikan perencanaannya dengan cepat dan tepat. hal ini yang akan membuat keberhasilan dalam Digital Marketing Anda. Selamat menjemput perhatian konsumen dengan digital marketing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *