201605.24
0
0

Tips Memulai Bisnis Online

Saya masih ingat, dulu waktu pertama kali memulai bisnis online segala sesuatunya tampak belum jelasLalu, muncul lah pertanyaan-pertanyaan di dalam diri seperti:

  • Modalnya berapa ya untuk bisnis Online ?
  • Bisa nggak ya bisnis online itu dijalankan?
  • Cocok apa nggak ya buat saya lakukan?
  • Langkah apa saja yang perlu saya tempuh supaya bisa jalan?
  • Berapa modal yang akan dibutuhkan?
  • … dan segudang pertanyaan lainnya.

Meskipun ragu – ragu saya harus melangkah akhirnya kami berhasil melakukan bisnis secara online dan sekarang sudah menjadi salah satu ecommerce terbesar di indonesia TOKOYAMAHA , menurut saya ada tiga hal utama yang harus dipersiapkan untuk melakukan bisnis Online . Apasih langkah – langkah tersebut

  1. Putuskan barang/jasa Apa yang ingin dijual

Untuk memutuskan barang / jasa yang akan dijual secara Online sebaiknya Anda banyak – banyak searching digoogle dan harus peka terhadap lingkungan sekitarnya .

Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.

Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

  • Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  • Contoh barang digital, bisa berupa ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  • Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan jasa-jasa yang lain.

Mulailah dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor . hal ini dimaksudkan untuk mengurangi biaya besar saat anda memulai bisnis secara online

2. Membuat Website

Untuk tahapan ini kita bisa memulai dari situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace. Contohnya bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, BBM, LINE, Bukalapak, Tokopedia, dan OLX.

Mengapa? Karena itu gratis dan bisa langsung kita manfaatkan untuk promosi dan jualan tanpa harus membuat sistem website nya, tampilannya, dan lain sebagainya.

Pilih channel yang sekiranya Anda nyaman dan kuasai, syukur-syukur bisa pakai semuanya. Tetapi kalau belum bisa ya saran saya minimal pelajari yang Facebook, Instagram, dan BBM.

Dan ketika Anda ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat website sendiri

dan enaknya lagi, kalau kita sudah memiliki website, ini bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

3. Promosi

Tujuan utama mempromosikan website anda adalah untuk mendapatkan kunjungan / trafik ke website kita.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan situs social media lain yang Anda paham.

Setahu saya, ini adalah cara tercepat untuk menyebarluaskan informasi bisnis Anda. Apalagi jika Anda mempunyai jumlah teman / follower yang sudah cukup banyak, itu akan sangat membantu.

Kemudian, Anda juga bisa mulai memajang produk maupun jasa Anda di situs-situs forum seperti Kaskus, dan situs-situs Marketplace seperti Bukalapak, Toko Bagus (sekarang OLX.CO.ID), Tokopedia, dll.

Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “Advance”, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan Teknik SEO.

Ini memang lebih teknis, karena kita harus memahami cara optimasi situs supaya bisa menduduki halaman pertama dalam suatu mesin pencari, dengan kata kunci tertentu. Namun justru dengan memahami pola SEO ini, mindset bisnis dan pemasaran online kita akan lebih tajam.

untuk menambah pengalaman dan pengetahuan Anda bisa mengikuti pelatihan – pelatihan digital marketing yang sekarang ini sudah banyak disediakan oleh banyak perusahaan atau vendor

Silahkan mencoba , PASTI ANDA BISA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *