201606.01
0
0

Ini Alasan Para Ibu Harus Fasih Memanfaatkan Gadget di Era Digital

Jakarta – Di era serba digital seperti saat ini, paham cara menggunakan gadget seperti sudah menjadi sebuah keharusan bagi semua orang. Khususnya para ibu yang putra-putrinya telah terpapar oleh pemakaian gadget atau gawai. Ini penting untuk mengantisipasi dampak negatif penggunaan gadget terhadap anak.

Tapi ternyata, para ibu di Indonesia belum sepenuhnya fasih memanfaatkan gadget sebagai alat untuk mendukung kebutuhan keluarga, termasuk dalam kaitannya mengawasi dan mengedukasi anak cara sehat menggunakan gadget.

Sebuah riset yang dilakukan Accenture, sebuah konsultan manajemen dan teknologi global, menemukan, kefasihan digital wanita Indonesia berada di posisi tiga terendah dari 31 negara. Di Indonesia, penelitian tersebut melibatkan 150 responden yang 50 di antaranya adalah para ibu bekerja.

“Wanita Indonesia sejauh ini menggunakan gadget hanya sebatas untuk berbelanja dan media sosial,” ujar Nia Sarinastiti, Marketing & Communication Director Accenture, saat jumpa media yang digelar Samsung di Kaffein, SCBD Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Berdasarkan hasil temuan tersebut, tambah Nia, wanita Indonesia kalah fasih dari wanita Meksiko, Filipina, dan India.

Menurutnya, kefasihan seorang ibu dalam memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi kunci penting pengawasan pamakaian teknologi digital oleh anak. “Mengingat ibu lebih sering menghabiskan waktu dengan anak,” kata Nia.

Kebutuhan ini semakin mendesak lagi di tengah maraknya kasus cyber crime yang menargetkan anak-anak di bawah umur.

Selain diri sendiri, orangtua sebaiknya juga mengedukasi pengasuh atau asisten rumah tangga tentang pemakaian gadget yang sehat. Ini mengingat banyak orangtua yang mengandalkan mereka untuk mengurus anak.

Ada banyak cara yang dapat Ibu lakukan untuk memperkaya pengetahuan cara memakai gadget. “Jika memang tidak terlalu gaptek, ibu bisa memanfaatkan Google dan YouTube untuk mencari tahu cara memaksimalkan penggunaan gadget,” ujar Seto Anggoro, Product Marketing Manager Samsung Mobile Sein. Ia juga mengatakan, gerai Samsung juga terbuka untuk mengedukasi masyarakat tentang pemakaian gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *