201608.26
0
0

Pengguna Internet Indonesia Naik Signifikan, bagaimana dengan Bisnis Online Anda ?

Jakarta – Pekan ini, dunia merayakan hari internet. Dua puluh lima tahun lalu, World Wide Web (WWW) dapat diakses secara bebas. Bagaimana dengan internet di Indonesia sendiri?

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia terus mengalami kenaikan signifikan.

“Data terbaru, 133 juta pengguna dengan penetrasi 51%. Di 2014 kan penetrasinya 39%. Data lainnya akan kita rilis dalam waktu dekat. Yang jelas peningkatannya signifikan,” kata Ketua Umum APJII Jamalul Izza, ditemui usai konferensi pers IIXS 2016 di Meradelima Resto, Rabu (23/8/2016).

Tapi ada catatan, yaitu soal gandrungnya masyarakat Indonesia dengan layanan dari mancanegara. Mengomentari 25 tahun dibukanya akses WWW untuk seluruh pengguna di dunia, Sekretaris Jenderal/Umum APJII Henri Kasyfi Soemartono mengatakan, penetrasi internet yang besar menempatkan Indonesia selalu di jajaran lima besar konten global seperti Facebook, Twitter dan lainnya.

“Kita selalu top 5 untuk urusan itu malah bangga. Harusnya sedih. Kita harus pikirkan bagaimana cara konten lokal jadi favorit di negeri sendiri,” sebutnya.

Itu pula yang menggerakkan APJII untuk mendukung lebih banyak kemunculan konten lokal. APJII yang kini berusia 20 tahun, dikatakannya sudah lebih membuka diri, tak hanya sebagai badan yang mewadahi Internet Service Provider (ISP), tetapi juga mendukung startup dan para pembuat konten. (rns/fyk)

Sumber ( Detik.com )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *