201606.01
0
0

Kemenpar Siapkan Badan Khusus Untuk Promo Wisata Via Sosmed

Jakarta – Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia diharapkan terus meningkat seiring dengan target 20 juta wisman pada tahun 2019. Kemenpar akan menyiapkan badan khusus untuk mengurusi promosi wisata lewat media sosial.

Dalam rapat Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan kantor pariwisata Indonesia di luar negeri yaitu Visit Indonesia Tourism Officer (VITO), dibahas 4 strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan kunjungan wisman. Strategi itu adalah destinasi, infrastruktur, marketing dan regulasi.

Dari aspek marketing, telah dibahas lebih dalam mengenai promosi. Promosi yang berbasis internet seperti media sosial akan dilakukan sebagai upaya peningkatan kunjungan wisma ke Indonesia.

Ia menerangkan bahwa akan dibentuk sebuah badan yang mengurusi promosi di media sosial. Nantinya akan ada satu akun YouTube khusus visit Indonesia. Selain itu akan dibuat juga akun diberbagai media sosial seperti twitter, path, instagram dan lain sebagainya.

“Semua socmed (social media-red) nanti kita punya semua. Ada badan khusus yang mengelola media itu,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat konferensi pers VITO Country Manager Meeting 2014 di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta, Senin (01/12/2014).

Menpar Arief Yahya mengutarakan bahwa promosi melalui media sosial tergolong efektif dan tidak terlalu mahal. Menurut Arief, promosi melalui media sosial bisa menyumbangkan sekitar 20% wisman.

“Dua per tiga promosi itu internet base, jadi digital media. Saat diadakan survei, 73% orang China tahu mengenai Indonesia dari internet,” ujarnya.

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *